Selasa, 14 Agustus 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) OPTIKA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan           : SMA X
Mata Pelajaran                  : Fisika
Kelas/Semester                 : XI / 2
Standar Kompetensi         : 3.1 Menganalisis alat-alat optik secara kualitatif dan kuantitatif
Kompetensi Dasar            : 3.2 Menerapkan alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi Waktu                 : 2 kali pertemuan

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Peserta didik dapat menganalisis pembentukan bayangan pada mata, kacamata, lup, kamera, dan mikroskop
2.      Peserta didik dapat mendeskripsikan fungsi dan bagianalat optik mata, kacamata, lup, kamera, dan mikroskop
3.      Peserta didik dapat menghitung perbesaran lup, kaca mata, kamera, dan mikroskop
4.      Peserta didik dapat mengidentifikasi penerapan berbagai alat optik dalam kehirupan sehari-hari
5.      Peserta didik dapat membuat alat optik sederhana
6.      Peserta didik dapat mengembangkan karakter baik

B.  INDIKATOR PEMBELAJARAN
1.      Peserta didik dapat menggambar pembentukan bayangan pada mata, kacamata, lup, kamera, dan mikroskop
2.      Peserta didik dapat menyebutkan  fungsi dan bagian alat optik mata, kacamata, lup, kamera, dan mikroskop
3.      Peserta didik dapat menghitung perbesaran lup, kaca mata, kamera, dan mikroskop
4.      Peserta didik dapat menyebutkan penerapan berbagai alat optik (mata, kacamata, lup, kamera, dan mikroskop) dalam kehirupan sehari-hari
5.      Peserta didik dapat membuat alat optik sederhana berupa lup atau kacamata
6.      Peserta didik dapat mengembangkan karakter religious, hormat, mandiri, kerjasama, percaya diri, bertanggungjawab, jujur, dan lain sebagainya.

C.    MATERI POKOK
Alat-Alat Optik yaitu: mata, lup, kaca mata, kamera, dan mikroskop

D.    METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan Pembelajaran: Pendekatan SETS
Metode Pembelajaran: Diskusi, Ceramah, Penugasan Proyek




E.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 1 (2 X 45 menit)
Langkah
Aktivitas Guru
Aktivitas Peserta didik

Pendahuluan
(10 menit)

1.         Memulai pembelajaran dengan salam dan doa


2.         Menyampaikan apersepsi,
Menanyakan kepada peserta didik yang memakai kacamata, jenis lensa apa yang digunakan?
Apa fungsi dari lensa tersebut?
Menanyakan mengenai permasalahan sehari-hari yang berkenaan dengan alat optik
3.         Menanyakan kepada seluruh peserta didik: bagaimana prinsip kerja dari alat-alat optik?
4.         Menyampaikan tujuan pembelajaran


1.         Memulai pembelajaran dengan menjawab salam dan doa (religius)
2.         Memperhatikan dan menjawab pertanyaan guru (hormat)










3.         Berusaha menjelaskan prinsip bagaimana prinsip kerja dari alat-alat optic (olah pikir)
4.         Memahami tujuan pembelajaran (olah pikir)
Langkah
Aktivitas Guru
Aktivitas Peserta didik

Kegiatan Inti
(65 menit)

eksplorasi
5.         Menyampaiakan materi pembelajaran dengan media pembelajaran interaktif

elaborasi
6.         Membagi kelas ke dalam kelompok
7.         Membagikan LKS Alat-Alat Optik kepada masing-masing kelompok
8.         Memberi penjelasan singkat mengenai pengisian LKS

9.         Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menjawab pertanyaan yang ada dalam LKS

konfirmasi
10.     Membahas kegiatan dalam LKS
11.     Memberikan tugas kelompok yaitu membuat alat optic sederhana (lup dari bohlam atau kacamata sederhana)



5.      Memperhatikan dan menanyakan hal yang belum jelas (hormat)



6.      Berkumpul dalam kelompok (kerjasama)
7.      Menerima LKSdan membaca petunjuk LKS

8.      Melakukan kegiatan sesuai dengan petunjuk di LKS

9.      Menjawab pertanyaan yang ada dalam LKS




10.  Mendiskusikan hasil kegiatan (menghargai pendapat)
11.  Memperhatikan dan bertanya apabila ada hal yang belum jelas (mandiri)

Langkah
Aktivitas Guru
Aktivitas Peserta didik

Penutup
(10 menit)

12.    Mengarahkan peserta didik untuk menyimpulkan hasil kegiatan
13.    Meminta peserta didik mengumpulkan tugas minggu depan dan menjelaskan alat yang dibuatnya
14.    Mengakhiri pembelajaran dengan doa dan salam

12.     Menyimpulkan hasil kegiatan yang telah dilakukan
13.     Memperhatikan guru (jujur dan bertanggungjawab)


14.     Mengakhiri pembelajaran dengan doa dan salam (religius)

PERTEMUAN 2 (2 X 45 menit)
Langkah
Aktivitas Guru
Aktivitas Peserta didik

Pendahuluan
(10 menit)

1.      Memulai pembelajaran dengan salam dan doa


2.         Menyampaikan apersepsi,
menanyakan fungsi alat-alat optic dan bagaimana pembentukan bayangannya?
3.         Menyampaikan tujuan pembelajaran


1.         Memulai pembelajaran dengan menjawab salam dan doa (religi)
2.         Memperhatikan dan menjawab pertanyaan guru (hormat)



3.         Memahami tujuan pembelajaran (olah pikir)

Langkah
Aktivitas Guru
Aktivitas Peserta didik

Kegiatan Inti
(65 menit)

eksplorasi
4.         Membagi peserta didik dalam kelompok
5.         Menanyakan mengenai tugas proyek yang dilaksanakan

elaborasi
6.         Meminta masing-masing kelompok untuk mempresentasikan tugas

7.         Memfasilitasi peserta didik dalam diskusi


konfirmasi
8.         Membahas kegiatan yang telah dilakukan dalam kelas
9.         Membahas hasil pekerjaan LKS



4.      Berkumpul dalam kelompok (kerjasama)
5.      Menjawab pertanyaan guru (olah pikir)



6.      Memperhatikan presentasi kelompok lain (menghargai pendapat)
7.      Mendiskusikan hasil pekerjaan tugas proyek di daam kelas (menghargai pendapat)
8.      Mendiskusikan hasil kegiatan dalam kelas
9.      Memperhatikan dan bertanya apabila ada hal yang belum jelas

Langkah
Aktivitas Guru
Aktivitas Peserta didik

Penutup
(10 menit)

10.    Mengarahkan peserta didik untuk menyimpulkan hasil kegiatan
11.    Mengakhiri pembelajaran dengan doa dan salam

10.     Menyimpulkan hasil kegiatan yang telah dilakukan
11.     Mengakhiri pembelajaran dengan doa dan salam

F.     SUMBER BELAJAR
1.      Media pembelajaran interaktif alat-alat optik
2.      Buku Referensi
a.    Marthen Kanginan. 2007. Fisika SMA Kelas X. Jakarta : Erlangga.
b.    Bambang Ruwanto. 2003. Asas-Asas Fisika 1B SMA Semester Pertama. Yogyakarta: Yudhistira.
c.    Purwoko dan Efendi. 2009. Physics For Senior High School Year X. Yogyakarta: Yudhistira.
d.   Mikrajudin Abdullah, M.Si. 2007. Fisika 1A SMA dan MA untuk Kelas X Semester 1. Jakarta: Erlangga

G.    ALAT DAN BAHAN
1.      Perangkat computer
2.      LCD dan layar
3.      Bahan-bahan sederhana seperti bola lampu bekas (bohlam), lensa, dan lain sebagainya

H.    PENILAIAN
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian kognitif: tes tertulis
b.      Penilaian afektif: observasi
c.       Penilaian psikomotor: penugasan proyek
2.      Bentuk Instrumen
a.         Tes pilihan ganda dan uraian
b.         Lembar observasi
c.         Portofolio
3.      Contoh Instrumen:
a.         Contoh tes pilihan ganda dan uraian
1)  Seorang peserta didik ingin melihat benda-benda yang sangat jauh. Apabila peserta didik tersebut hanya dapat melihat benda paling jauh 200 cm, maka ia harus menggunakan kacamata dengan kekuatan ....
A. +1,0 D
B. +0,5 D
C. -0,5 D
D.-1,0 D
E. -1,5 D
2)  Contoh tes uraian
Berapakah perbesaran sebuah teleskop yang memiliki lensa obyektif dengan panjang fokus 75 cm dan lensa okuler dengan panjang fokus 4 cm?
b.         Contoh penilaian afektif
Lembar penilaian:
KARAKTER
BT
MT
MB
MK
Relegius




Hormat




Mandiri




Kerjasama




Percaya diri




Bertanggung jawab




Jujur





c.         Contoh penugasan proyek
Buatlah alat optik sederhana (lup bohlam) dalam kelompok
Lembar penilaian:
Aspek yang dinilai
Nilai Kuantitatif
Nilai Kualitatif
Diskripsi ( Alas an )
Keaktifan dalam kerja kelompok



Kerapian hasil



Kemampuan menyimpulkan



Rata-rata




Yogyakarta, 12 Juni 2012

Guru Mata pelajaran



Ayu Rahayu, S.Pd
NIM. 11708251060